Sunday, February 28, 2010

KAWAH PUTIH CIWIDEY

Weekend ini kami akan ke Ciwidey traveler! Wisata Kawah Putih Ciwidey adalah Kawah yang terletak di daerah Ciwidey, tepatnya di Gunung Patuha. Wisata Kawah Putih Ciwidey merupakan tempat tujuan wisata Alam yang sangat popular dan terkenal karena suasananya yang alami dan eksotis, ada orang yang menyebutnya negeri awan karena di Wisata Kawah Putih Ciwidey sering terjadi turun kabut awan putih.

Akses menuju Tempat Wisata Ciwidey Bandung selatan Apabila traveler dari Arah Jakarta pasti keluar melalui Tol Padalarang Barat berikut adalah akses menuju Tempat Wisata Ciwidey Bandung Selatan :

1. Cari arah menuju Tol Cileunyi : Exit Tol Kopo ( Belok kanan ) Biasanya terhambat kemacetan karena banyaknya Mall dan Sekolah-sekolah di sepanjang jalur kopo )- Soreang ( panduannya adalah Kantor Pemkab Bandung belok kanan arah RSUD Soreang ) – Ciwidey ( Terminal Ciwidey dan Berakhir di WISATA KAWAH PUTIH CIWIDEY Total jarak Sekitar 40 km ( 1 – 2 jam memakai kendaraan Mobil Pribadi )

2. Cari Arah Menuju Tol Pasteur : Exit Tol Baros Cimahi – Margaasih – Nanjung – Cipatik ( Belok Kiri ) – Stadion Jalak Harupat – Soreang – Ciwidey ( Terminal Ciwidey dan WISATA KAWAH PUTIH CIWIDEY.

Weekend ini sesuai rencana kami ke Ciwidey go show! no have idea menginap dimana tapi jangan khawatir traveler banyak hotel kok di sekitar Kawah Putih, kami menginap di Kampoeng Strawberry Ciwidey – Jln. Ciwidey Patengan Km 7 Alam Endah Ciwidey Ph. +622285920550 untuk room rate di sini mulai dari Rp400-800ribu, kamarnya sih nggak gitu bagus gak tau kalau yang type bungalow gak sempet liat-liat, karena udara di Ciwidey ini dingiiin sekali bagusnya di tiap kamar hotel ini ada perapiannya meskipun pada akhirnya gak kami pakai juga sih perapiannya hehehe...

Setelah check in dan membereskan barang bawaan, kami memutuskan untuk berkeliling-keliling berharap menemukan sesuatu yang bisa menghangatkan badan dan akhirnya mampir di warung-warung yang menjual minuman khas Ciwidey yaitu Bandrek Abah,  kami lalu memesan bandrek susu dengan tambahan parutan kelapa supaya rasa pedasnya tidak terlalu berasa...hehehe satu gelas bandrek susu harganya hanya Rp3ribu saja, Bandrek susu ini benar-benar bisa menghangatkan badan loh traveler secara udara disini meskipun pada siang hari tetep dingin! Oiya kalau mau beli oleh-oleh, Bandrek atau bajigur ini bisa dijadikan buah tangan, traveler bisa membelinya di sepanjang warung yang menjual bandrek abah, bandrek/bajigur ini dijual dalam kemasan botol 750ml, harga perbotolnya Rp20ribu cara membuatnya sangat mudah hanya tinggal diseduh dengan air panas, bila suka bisa ditambah telur ayam kampung, susu kental manis dan parutan kelapa muda :) selesai menikmati bandrek susu kami mengunjungi kebun strawberry, fyi kebun strawberry sudah berjamur di ciwidey jadi traveler nggak akan kesulitan mencari kebun strawberry. Masuk ke kebun strawberry ini gak dikenakan tiket, untuk menentukan berapa harga yang harus dibayar, timbang dahulu strawberry yang telah dipanen kemudian penjaga kebun akan mengkalkulasikan harga strawberry panenan traveler, harga strawberry-nya berkisar antara Rp35-50ribu/kg, biasanya tiap kebun memasang harga yang berbeda-beda.

Panen Strawberry @Ciwidey
Petik Strawberry @Ciwidey
Setelah memanen strawberry kami kembali ke hotel untuk beristirahat, rencananya besok kami akan ke kawah putih, meskipun saya orang bandung tapi baru kali ini mengunjungi Kawah Putih Ciwidey :D. Konon katanya Kawah dari gunung Patuha ini memiliki kadar belerang tinggi dan bisa berupah-ubah, sehingga berdampak berubahnya warna air pada kawah. fyi, untuk bisa menikmati keindahan Kawah Putih ini traveler harus membayar tiket masuk sebesar Rp15 ribu, Angkutan wisata Rp10ribu (kalau yang nggak pakai angkutan ini jalan kaki jauh dan nanjak, saya melihat yang berjalan kaki hanya wisatawan asing saja :D orang kita mana mau repot yakk hehehe..) dan jika traveler mau menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan charge Rp150ribu (exclude tiket masuk penumpangnya, jadi tetep harus bayar lagi 15ribu/org).


Angkutan wisata ke Kawah Putih
Area Kawah Putih Ciwidey


Karena aroma belerang yang sangat kuat membuat aku sesak nafas akhirnya kami nggak terlalu lama untuk menikmati keindahan Kawah Putihnya, saya sarankan jika traveler juga sudah tidak kuat menghirup bau belerang jangan dipaksakan ya karena konon katanya dapat mengganggu pernafasan kita. Keluar dari area Kawah putih kami menemukan area Outbond, disini kami main ATV tarifnya Rp25-30ribu saja, hubby dan aku bergantian boncengin kakak keliling pakai ATV ^^

Riding ATV@Ciwidey

Karena kami hanya menginap satu hari di Ciwidey jadinya nggak sempet untuk berkunjung ke objek wisata lainnya seperti danau Situ Patenggang, Pemandian air panas alam Ciwalini dan Cimanggu, serta bumi perkemahan Ranca Upas dengan penangkaran rusanya, mungkin next time kalau ke Ciwidey lagi objek-objek itu pasti kami kunjungi ^^) selesai bermain ATV kami melanjutkan perjalanan pulang. Home Sweet Home.


Happy Travelling!





No comments:

Post a Comment