Sunday, August 18, 2013

KARIMUNJAWA ARCHIPELAGO

Buat yang baru denger atau baca nama pulau ini, kami ucapkan welcome to the Paradise! yeapp...Indonesia memiliki begitu banyak pulau dan pantai yang indah, salah satunya adalah Pulau Karimunjawa yang terletak di Jawa tengah, karena saking banyaknya tempat wisata di Indonesia jadi rasanya kami nggak akan kehabisan ide untuk menentukan destinasi liburan, tapi tetep disesuaikan dengan budget ....untuk menentukan destinasi liburan biasanya kami akan berdiskusi akan melancong kemana, tapi tidak jarang juga berpergian tanpa direncanakan, yang penting buat kami bisa menikmati liburan bersama!

Seperti libur lebaran tahun ini, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang biasanya bermacet-macet ria untuk mudik ke Bandung lalu sibuk bikin ketupat dan kari ayam plus dengan goreng parunya *makananfavoritlebaran* kali ini mendadak dapet ide untuk melancong ke Karimunjawa! ya...Karimunjawa...tempat yang beberapa tahun lalu sempat menjadi perbincangan saya dan hubby untuk jadi destinasi liburan kami tetapi selalu gagal karena masalah gelombang ombak yang sedang tinggi, belum lagi setiap berencana liburan kesana baca berita yang isinya wisatawan karimunjawa tidak bisa pulang karena cuaca yang tidak baik, dan akhirnya selalu urung untuk berangkat :(

Yang ada dipikiran kami saat ini adalah seru juga kali ya lebaran di kampung orang dan sholat ied dengan orang-orang kampung yang nggak kita kenal hehehe...jadilah setelah itu kami cari info lagi tentang Karimunjawa dan langsung reservasi tiket express bahari untuk berangkat H-2 katanya sih seharusnya nggak ada kapal yang berangkat kesana tapi mungkin we're lucky pada tanggal tersebut ada kapal yang berangkat, kebetulan dari mulai info kapal dan homestay langsung dapet hari itu juga...agak kecele tentang homestay, karena sempet baca di blog-blognya backpackers yang katanya gampang banget untuk dapet homestay akhirnya kita skip untuk reservasi *dan itu jangan dicontoh yaaa* begitu sampai di pelabuhan jepara sempat was-was juga nggak dapet penginepan akhirnya coba telepon beberapa penginapan dan ternyata dari sekian banyak homestay dan hotel 8 diantaranya yang kami telepon bilang kalau homestaynya libur sampai H+3 *udah manyun bt* itu karena yang punya homestay libur lebaranan *ya iyalah ya mereka juga pengen liburan kek kita* nah dengan pengalaman itu jadi kami saranakan sebaiknya meskipun traveler sudah dapat info tidak sulit untuk dapat homestay disana sebaiknya sebelum berangkat sudah reservasi sebelumnya jadi begitu nyampe tinggal check in tanpa was-was kecuali memang niat mau camping hehehehe....Setelah browsing-browsing lagi akhirnya kita dapet no telepon New Ocean Hotel meskipun rate-nya agak mahal kami memutuskan untuk menginap di hotel itu semalam sambil cari informasi siapa tau ada homestay yang nggak libur, fyi hotel ini menyediakan jemputan dari dermaga ke hotel dengan biaya Rp 45ribu. Khusus untuk wisma apung kita sudah reservasi sebelumnya jadi amannnnn :) buat traveler yang mau menginap di wisma apung sebaiknya reservasi dulu karena wisma ini wisma yang most wanted in karimunjawa! kenapa? baca terus sampai akhir yakk heehehehe... pada waktu kami check out pun ternyata wisma apung ini sudah fullbooked sampai awal bulan september loh traveler!!!:D

#DAY 1 :

Dengan modal nekad kami memutuskan untuk berangkat tanpa menggunakan jasa tour yang ada di karimunjawa, kami membuat itinerary sendiri kegiatan apa saja yang akan dilakukan disana dan tentunya menyiapkan apa-apa saja yang harus kami bawa, mungkin traveler sudah tahu kalau di karimunjawa listrik hanya akan menyala selama 12 jam saja tiap harinya dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi jadi jangan lupa untuk membawa power bank ya. Kami berangkat setelah sahur dari semarang pukul 05.00 WIB memang ingin berangkat lebih awal supaya nggak telat :D *padahal sih saking exitednya hehehe* sampai di dermaga pantai kartini pukul 07.30 karena kapal express baharinya berangkat jam 11.00 menuju karimunjawa akhirnya kita main dulu di Pantai Kartini. Pukul 09.30 kami masuk ke pelabuhan pantai kartini untuk titip mobil.

Fyi, sebaiknya jangan pernah gambling untuk go show tanpa tiket kapal ke karimunjawa di tangan, karena pada saat-saat tertentu penjualan tiket di jepara bisa saja habis terjual dan alhasil pada saat kita sampe jepara nggak dapet tiket jadinya gigit jari deh, untuk pemesanan tiket bisa menghubungi Express Bahari yang di Jepara dan sebaiknya langsung reservasi untuk tiket pulangnya sekalian supaya tenang dan untuk pemesanan bisa menghubungi Expres Bahari yang di Karimunjawa, untuk tiket VIP tarifnya Rp 129.000 (tarif baru tahun 2013) dan untuk kelas executive Rp 84.000 untuk pemesanan via telepon harus langsung transfer, kemudian konfirmasi kembali bahwa kita sudah melakukan pembayaran, simpan bukti transfer sebagai bukti pembayaran masukkan dalam amplop dan tuliskan nama-nama penumpang yang akan berangkat, setelah kita di kantor express bahari jepara kasiin deh bukti transfer berikut nama-nama penumpang yang akan ditulis di tiketnya (nama penumpang harus sama dengan KTP karena pas kita check in akan diperiksa oleh petugas) lama perjalanan 1,5 jam dari jepara ke karimunjawa, penitipan mobil di pelabuhan kartini dikenakan charge Rp 70 ribu ( awalnya petugas minta 100 ribu tapi kita nego *hadeuh*) itu  tarif pada hari raya atau libur panjang, normalnya sih Rp 60 ribu sampe kita bosen di karimunjawa hehehehe, kalau mau bawa mobil ke karimunjawa dikenakan tarif Rp 300-350 ribu one way loh ya! dan penumpang tetep harus beli tiket sendiri untuk kelas ekonomi (khusus yang bawa mobil pakai kapalnya yang KMP Muria kapalnya lebih besar dan lebih lama nyampenya kurang lebih 6 jam lamanya penyebrangan! dan buat yang ingin tiket kapalnya lebih murah biasanya menggunakan kapal ini tarifnya berkisar antara  Rp 32-35 ribu saja untuk kelas ekonomi, untuk keberangkatan dari Semarang traveler bisa menggunakan KMP Kartini lama penyebrangan kurang lebih 4 jam kalau nggak salah tarifnya hampir sama dengan Express Bahari.

Waktu kami berangkat kapal Express Bahari-nya agak delay yang harusnya berangkat jam 11.00 jadinya berangkat jam 12.00 tapi tak apalah toh akhirnya kita berangkat juga :D kami duduk di kelas VIP tempat duduknya nyaman dan ada tv LCD-nya sayangnya kami duduk di kursi paling belakang, ac-nya berasa pas di bagian kepala bikin senat senut hehehe,  kami sarankan kalau nggak kuat dingin pas reservasi sekalian minta tempat duduk di bagian tengah saja karena ac-nya duiiiingiiin banget! kemudian nggak lama setelah penumpang duduk manis ABK membagikan kantong kresek *jangan gr itu makanan loh ya* hahahaha...karena itu digunakan untuk yang nggak tahan ingin muntah :D 10 menit pertama menikmati perjalanan berasa asik-asik saja, setelah beberapa menit kemudian kami mulai merasakan pening dan mual-mual yang luar biasa :( selain karena ac yang dingin juga karena gelombang ombak yang tinggi kata hubby sih sampe 2 meteran pantesan kapalnya lincah banget goyang kanan dan kiri daaaannn gak lama setelah itu banyak banget yang jackpot *sigh*. Untungnya kami puasa jadi makanan yang masuk terakhir pas sahur hehehehe...alhamdulillah gak ada yang keluar *selamattttt sambil ngelus dada* dan perjalananpun terus diombang-ambing ombak sampai bener-bener nyampe di dermaga karimunjawa. Kami mengatakan ini bukan untuk menakut-nakuti loh ya, tapi untuk memberikan gambaran perjuangan ke Karimunjawa pada saat gelombang nggak bersahabat sensasi itulah yang akan traveler rasakan hihihihi....

Penampakan Kapal Express Bahari
VIP Class Bahari Express
Begitu kapal bersandar di dermaga, pening, mual, dlsb berangsur-angsur hilang karena melihat crystal clear water-nya karimunjawa....gorjezzz booo!!!! begitu turun kapal kami sudah ada yang jemput dan langsung diantar ke hotel, bangunan hotel masih baru letaknya sebelahan dengan bank BRI jadi buat yang kehabisan uang jangan terlalu khawatir ada atm kok di karimunjawa tapi khusus ATM BRI! sebaiknya bawa uang tunai lebih biar aman, begitu kami check in resepsionisnya bilang karena kami bertiga harus tambah extra bed Rp 125rb, sempet sebel juga karena membayar extra bed disini cuma dapet tempat tidur doang tanpa dapet sarapan *asli gak rekomen deh* selain ukuran kamarnya kecil, kamarnya juga gelap bangettt meskipun pada siang hari! jadi tarif semalam di New Ocean Hotel pada libur lebaran ditambah dengan extra bed totalnya Rp 600rb (exclude jemputan mobil dari pelabuhan ke hotel).

Next... sesuai dengan petunjuk backpackers salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika kita sampai di karimunjawa adalah alun-alun karimunjawa dan mampir ke Warung Makannya Bu Esther! setelah istirahat dan waktunya berbuka puasa kami langsung menuju warung bu esther, jangan bingung cari warnasnya traveler, karena warnas disitu yang ada memang hanya warungnya bu esther...the one and only! dan jangan kaget juga begitu makan disana banyak banget lalat, menu makanannya sama dengan warung2 nasi pada umumnya dan rasanya lumayanlah yaaa, karena nggak ada lagi dan daripada kelaparan akhirnya kita memutuskan untuk makan aja disitu harganya juga murah banget kami makan bertiga habis Rp 38ribu minumnya es jeruk yang bening :) jangan takut penjual disitu pada ngegetok harga untuk traveler, harga yang dikasih masih reasonable kok itu makanya jangan terlalu banyak bawa snack dari jepara karena di karimunjawa juga ada kok toko-toko yang jual makanan ringan lumayan lengkap dan ya itu harganya gak terlalu beda jauh dengan di darat.

The one and only Warnas @Alun-alun Karimunjawa

Penasaran dengan alun-alun karimunjawa pada malam hari yang katanya ramai sekali penjual seafood membuat kami girang cuz we're seafood lover! tapi malam ini kami agak kecewa karena ternyata yang juwalan cuma satu gerobak aja dan itupun gak ada menu seafood yang spesial kecuali sate kerang dan sate cumi *huhuhuhuhu* daripada cengo di hotel akhirnya kami ngopi-ngopi dulu di warung lesehan ini dengan memesan sate cumi, sate kerang plus lontongnya, jangung bakar, dan roti bakar *kalap buka puasa* harganya lumayan murah rasanya juga lumayan, oiya malam ini kami disuguhi pesta kembang api oleh penduduk kampung karimunjawa meskipun yang juwalan sepi tapi tetep meriah karena pesta kembang api-nya :D kami berharap besok alun-alunnya sudah rame yang juwalan seafood.

Pulang dari alun-alun kami browsing untuk ikut tour hopping island, snorkeling dan hunting foto kebetulan nemu namanya Pak Anto dia menyediakan tour hopping island dan langsung kami hubungi, beruntungnya kami ternyata besok pagi ada tour ke pulau dan kami bisa ikutan rombongan anak-anak dari surabaya, harga paket tour-nya Rp200ribu/org (ini tarif liburan mungkin kalau hari biasa lebih murah) sudah termasuk: tiket masuk ke pulau, tiket masuk ke penangkaran hiu (exclude berenang sama hiu bayar lagi Rp 15 ribu/org), sewa alat snorkeling (jika sewa sendiri tarif sewanya 35rb/hari), kamera underwater dan lunch! Besok pagi jam 9...yeay!!!

Warkop @ Alun-alun Karimunjawa
suasana makan malam lesehan @Alun-alun Karimunjawa
 #DAY 2:

Dipikir-pikir penginapan kami ini seperti sekolahnya kakak, kalau kelas kakak itu moving class kalau kami moving homestay :D Agenda kami Hari kedua di karimunjawa yaitu Sholat Ied bareng dengan penduduk setempat, check out dari New Ocean Hotel kemudian pindah ke wisma wisata yang tidak kami rekomendasikan juga traveler, wisma-nya nggak bagus bangunannya udah tua dan tampak nggak keurus, udah gitu harganya juga lumayan mahal *lebaran rate-nya naik 20%* sebenernya sih kalau mahal tapi bagus ya gak apa-apa worth it lah ya cuma kalau mahal trus gak oke agak gimana juga, cuma daripada nggak dapet penginepan dan harus tidur di alun-alun ya mending tidur disini :)

Sesuai agenda, pagi ini kami sholat Ied, masjidnya lumayan besar yang sholat sampai tumpah ruah keluar halaman masjid, Alhamdulilah sholatnya khusyuk. Selesai sholat kami sarapan opor ayam dan lontong jadi meskipun di kampung orang tetep berasa lebarannya gara-gara sarapan opor hehehee..kemudian setelah sarapan, kami berkumpul di rumahnya Pak Anto letaknya di belakang puskesmas karimunjawa dan ternyata dia juga punya homestay, namanya Salami Homestay tau gitu nginep disini aja :D homestaynya Pak Anto ada yang buat keluarga besar juga disewakan satu rumah, kamarnya ada dua, ruang tamu, dapur, berikut dipinjemin tukang masak, rate-nya Rp500ribu itu harga libur lebaran mungkin kalau hari biasa lebih murah lagi.

Setelah rombongan anak-anak dari surabaya dan kami berkumpul di dermaga, kami langsung dipersilakan naik ke perahu, pasang life vest lalu berangkat menuju penangkaran hiu, sekeliling tempat penangkarannya sih indah, tapi isi penangkarannya itu loh hororrrr gila traveler!!! secara isinya hiu semua hehehehe, tadinya sih takut masuk kolam hiu gak lucu kan tiba-tiba digigit :D tour guide kami sampai bilang katanya hiu di penangkaran ini nggak suka sama daging manusia kok jadi amannn hehehe....*itu supaya tamu nekat nyemplung karena rombongan kami sempet nggak mau masuk kolamnya* ternyata hubby berani nyemplung jadinya ikutan deh,  selain berfoto dengan hiu kita juga bisa berfoto dengan penyu, bintang laut, ikan buntel dan tripang raksasa *itupun kalau brani* hehehee...

Perahu untuk tour hopping island
Dare to swim w/ the sharks?? @Penangkaran Hiu, Karimunjawa
Narsis dengan penyu :D

setelah dari penangkaran hiu kami melanjutkan agenda tour hari ini, next snorkeling di pulau menjangan kecil, sangat menyenangkannnnnnn traveler!!! pertama karena ini kali pertama kakak snorkeling dia enjoy banget, kedua ombaknya tenang, terakhir bisa kasih makan ikan2 kecil dan foto underwater tentunya! :)

Snorkeling @ Menjangan kecil

Feeding fish

next menuju pulau Cemara kecil, ini pulau punya banyak spot yang keren untuk foto-foto dari ujung ke ujung gak ada yg jelek baguuuuuuussss semuaaaaaa!!!! nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata, harus bener-bener liat sendiri with your own eyes traveler! sementara kami sibuk berfoto ria, tour guide-nya sibuk bakar-bakar ikan buat menu makan siang nyam...nyamm..nyamm ^^

@Cemara Kecil, Karimunjawa
@ Cemara Kecil, Karimunjawa

Lunch @Cemara Kecil, Karimunjawa
Kenyang makan, main air dan narsis kami melanjutkan acara selanjutnya yaitu snorkeling di Gosong Kulon, sayangnya perjalanan kesana ombaknya nggak bersahabat traveler, hubby jackpot juga hihihihi...ikannya pada keluar lagi deh :D kami ikut nyemplung untuk snorkeling dan foto underwater lagi sayang banget cuma sebentar karena ombaknya besar, selain bikin pusing bikin kakak parno juga takut ada hiu katanya *mungkin kebayang hiu di tempat penangkaran tadi..hehehe* karena airnya berwarna gelap dan lebih dalam dari sebelumnya akhirnya kakak naik kapal lagi deh, destinasi terakhir hari ini tour guide membawa kami ke Ujung Gelam untuk melihat sunset dan tentunya foto-foto lagi aseli deh indahhh traveler! di Ujung gelam ini ada banyak warkop yang jual gorengan, indomie rebus dan makanan ringan lainnya. Sambil menunggu sunset kami menyeduh kopi susu mancappp :)

Nemo's Friends @Gosong Kulon, Karimunjawa

@Ujung Gelam, Karimunjawa

Sunset @Ujung Gelam, Karimunjawa

Matahari sudah tenggelam waktunya kembali ke darat, masih penasaran dengan seafood-nya alun-alun setelah mandi kami langsung menuju kesana ternyata yang juwalan masih gerobak yang itu juga dengan menu yang sama sate kerang dan sate cumi :D *sikatttttttttt* katanya sih nelayan nggak ada yang melaut itu kenapa seafoodnya jadi langka dan yang juwalan juga masih banyak yang lebaranan jadi alun-alunnya sepi yang rame tetep pesta kembang apinya meriah banget bo hehehe.... meskipun kecewa malam ini gak bisa makan seafood lagi kami masih berharap besok bisa makan lobster, cumi atau ikan bakar disini ^^ sebelum beristirahat Pak Anto menawarkan kami untuk melanjutkan tour besok pagi ke pulau-pulau sebelah timur karimunjawa dengan biaya Rp 175ribu/org kami mendapatkan tiket masuk ke pulau, alat snorkeling, foto underwater dan lunch! deal besok jam 9 tour lagi yuhuuuuu!!!

# DAY 3

Sempet kesel dengan wisma wisata karena resepsionisnya GEJE! kami sudah confirmed untuk perpanjang waktu menginap sebelum check in tapi dicancel sebelah pihak gara-gara ada bule yang extend, karena karyawan wisma nggak bisa bicara bahasa inggris jadinya cuma jawab yes..yes doang udah gitu kasih alasan sama kita, katanya tamunya orang bule nanti takutnya dia nggak mau kesini lagi, maksud looo? mana pagi ini rencananya udah mau berangkat tour hopping island lagi jadi repot untuk cari homestay dan pindahan lagi deh *sigh* percuma juga mau marah-marah buang waktu akhirnya kita minta tolong Pak Anto untuk carikan homestay dan Alhamdulillah akhirnya kita dapet tempat nginep lokasinya belakang homestay salami, namanya Firzah Homestay punya adiknya Pak Anto, homestay ini kami rekomendasikan buat traveler! selain murah, tempatnya bersih, bangunannya baru dan di setiap kamar disediakan jemuran baju *penting bo* secara kerjanya maen aer terus hihihihi... rate-nya Rp 100ribu untuk yang kamar mandi di dalam kalau yang kamar mandi diluar Rp 80ribu (nggak dapet sarapan secara rate-nya murah tapi bisa pesen kok kalau mau sarapan/makan malem disini).

@Firzah homestay
Selesai pindah-pindahin barang ke firzah homestay kami langsung berangkat menuju dermaga karena rombongan dari surabaya sudah menunggu di kapal, destinasi hari ini menuju dua pulau yang letaknya di timur karimunjawa dimulai dari Pulau Kecil, sayang banget karena perjalanan menuju pulau kecil ombaknya juga tidak bersahabat hubby agak cemberut karena mabuk laut lagi :D dan perjalanan menuju pulau ini lumayan agak lama bikin perut mual dan pening :( setelah bermabuk laut ria  akhirnya kami sampai di Pulau Kecil...disini kami seharusnya ikut snorkeling tapi kondisinya tidak memungkinkan, hubby pening tidak kepalang, aku mendadak dateng tamu tak diundang, kakak udah pasti nggak nyemplung kalau ayah dan bundanya nggak nyemplung padahaaaalllllll di pulau kecil iniiii spot yang baguuuuusss banget buat snorkeling dari atas kapal aja ikan dan terumbu karangnya kelihatan jelassss sekali *huhuhuhuhu* aseli sebel deh nggak bisa ikutan snorkeling, sementara rombongan surabaya sibuk snorkeling kami memutuskan untuk berfoto ria dan halooooooooo....gak puas-puas deh rasanya berfoto disiniii!!! GORJEZZZZ!!!

@Pulau Kecil, Karimunjawa
Jumppppppp!!!! @Pulau kecil, Karimunjawa
@Pulau kecil, karimunjawa

@Pulau kecil, Karimunjawa
waktu menunjukkan pukul 13.00 perut sudah krucuk-krucuk, snorkeling dan hunting foto pun harus dihentikan, kalau nggak bisa nggak makan siang kitaaa :D untuk makan siang kami harus menempuh perjalanan ke Pulau Tengah nggak pake lama 15 menit udah nyampe, yang lama bakar ikannya hehehehee... untungnya ada yang juwalan juga di Pulau ini jadi sembari nunggu lunch-nya mateng kita bisa minum es kelapa muda dan ngemil gorengan
Lunch @Pulau Tengah, Karimunjawa
Main Pasir @Pulau tengah, Karimunjawa
@Pulau tengah, Karimunjawa
Tour hari ini berakhir di Pulau tengah setelah selesai makan siang dan hunting foto kami kembali ke darat, mandi, istirahat sebentar trus jalan lagi ke alun-alun ternyata malam ini yang juwalan udah mulai banyak ada 5 gerobak, ada yang bakar ikan dan lobster juga! kami ikut ngantriii doong, sayangnya ikan dan lobsternya udah sold out!! *huhuhuhuhuhu* ya udah jadinya ngemil-ngemil aja sambil minum kopi dan menikmati lagi pesta kembang api :) katanya hubby sih dia sebenernya udah order makan malam dan sarapan juga buat besok pagi sama Pak Anto. Tekad malam ini besok harus dapet cumi dan lobster at least ikan bakar di alun-alun, HARUS!!!

#DAY 4

Pagi ini sebelum beraktivitas, kami sudah kembali packing untuk pindah homestay, kali ini kami packing dengan riang gembira karena setelah ini kami akan menginap di Wisma Apung *cihuyyyyy*...karena waktu check out pukul 12.00 dan kami dijemput oleh perahu Wisma Apung pukul 14.00 akhirnya tas bawaan kami sementara kami titipkan dulu di Firzah Homestay. sesuai agenda, hari ini kami akan bersepeda ke Nirwana Beach Resort pengennya sih nginep disini tapi rate-nya pake dollar gak jadi deh numpang foto aja hihihihihi....tempat sewa sepeda nggak jauh dari salami homestay sayangnya sepeda sudah pada tuir, katanya sih ada tempat sewa sepeda yang kondisi sepedanya lebih baik cuma agak jauh, karena menghemat waktu akhirnya kami sewa sepeda di tempat ini saja dengan tarif sewa 12 jam Rp30ribu, 6 jam Rp20 ribu dan 1 jam Rp10ribu, kami sewa hanya 6 jam, kalau traveler mau sewa sepeda sebaiknya di cek roda dan rem-nya karena untuk menuju ke Nirwana Beach Resort diperlukan sepeda yang staminanya sehat :D *jalannya nanjak bo*

Bike to Nirwana beach resort
@Nirwana Beach Resort, Karimunjawa

@Nirwana beach resort, karimunjawa
Sebelum kami menggowes sepeda ke Nirwana beach resort, kami mendatangi kantor express bahari Karimunjawa lokasinya di dekat dermaga untuk issued tiket pulang ke jepara yang sebelumnya sudah kami pesan lewat telepon, sekalian minta tempat duduk ditengah supaya gak kedinginan :D setelah issued tiket kami melanjutkan perjalanan. Fyi, untuk masuk ke Nirwana beach resort kami dikenakan tiket masuk Rp12.500/orang dengan begitu kami bisa menikmati keindahan dan main di pantai yang dikelola oleh resort ini, karena pagi tadi sarapan di rumahnya Pak Anto nggak kenyang akhirnya kami sarapan lagi deh disini. Kami memesan pancake dan sandwich, kalau harga makanannya sih masih standar nggak mahal-mahal amat masing-masing menu b'fast harganya Rp25ribu kecuali lobsternya Rp400ribu/kg :D

Setelah bersantai dan berfoto ria di Nirwana beach resort kami kemudian kembali lagi ke arah alun-alun dengan tujuan makan siang di Amore Cafe. Cafe ini sangat unik, letaknya tidak jauh dari dermaga karimunjawa, bangunan Joglo dengan taman yang luas dan tertata rapi membuat kami penasaran untuk masuk, dan yang paling menarik, cafe ini memiliki pemandangan langsung ke arah pantai! interior dan pernak-perniknya hampir keseluruhan dari ukiran kayu jepara dan jika berminat untuk membeli ukirannya, mereka jual juga kok traveler! untuk menu makanan kebanyakan western food ada juga masakan khas karimunjawa-nya tapi hanya beberapa, siang ini hubby memilih menu beef steak, aku chicken steak dan kakak makan bakso kuah :D kami makan sambil menikmati semilir angin dan suara jazzynya nat king cole, lengkap sudah cozy-nya cafe ini :)  rasa beef steak maupun chicken steaknya lumayanlah untuk daerah pedalaman :D hanya saja tidak mengenyangkan karena porsinya sedikit, harganya juga masih standar masing-masing harganya Rp 28ribu untuk chicken steak dan Rp35ribu untuk beef steak, untuk fresh juicenya rata-rata harganya Rp10-12ribu, tadinya sih kami mau order pindang serani *masakan khas karimunjawa* cuma lagi kosong, ada yang bilang enak cuma sayang kami nggak sempat icip-icip :(

B'fast @Nirwana beach resort
@Amore Cafe, Karimunjawa
Jam menunjukkan pukul 13.00 waktunya kami kembali untuk mengembalikan sepeda dan bersiap menunggu jemputan di dermaga, ternyata di dermaga sudah siap kapal yang akan membawa kami ke Wisma Apung. Fyi para tamu yang menginap di wisma apung akan disediakan antar jemput dari dermaga/darat ke wisma apung ataupun sebaliknya, kata pegawainya perahu untuk bolak-balik ke darat siap antar jemput 24jam dan nggak dikenakan charge sama sekali hanya saja tidak bisa juga seenaknya minta di antar-jemput ke darat atau ke wisma hanya jam-jam tertentu saja.

Room rate untuk kamar AC Rp350ribu dan jika lebih dari 2 orang akan dikenakan charge Rp40ribu/org (include b'fast) untuk mempermudah reservasi atau minta antar-jemput pastikan traveler menyimpan no. hp-nya Ibu Nurul, dia yang mengelola wisma apung dan yang akan membantu tamu-tamunya pada saat menginap di sini! Kesan pertama kami begitu melihat wisma apung dari kejauhan tampak sangat biasa sekali jadi traveler tidak akan exited, tapi begitu perahu bersandar dan kami turun dari perahu menuju kamar yang telah kami pesan, kami melihat view yang sangat indah, traveler akan melihat gradasi warna laut yang bikin mata cling-cling, dan senangnya kami karena bisa bermain air di depan kamar sambil memberi makan ikan. Terumbu karang, ikan-ikan sampai bulu babi terlihat sangat jelas sekali!

@Wisma Apung, Karimunjawa
View di belakang kamar Wisma Apung, Karimunjawa...Heaven! *love struck*
Selain bisa snorkeling dan menyebrang ke pulau sebelah dengan berjalan kaki, traveler juga bisa berenang dengan hiu disini for free! karena hiu di wisma apung ini lebih besar dari yang di penangkaran hiu, hubby agak mikir-mikir juga untuk masuk kolam *seremmm kalii* hehehehe...oiya kalau mau snorkeling atau berenang disini hati-hati ya traveler banyak sekali bulu babinya jadi usahakan gunakan peralatan snorkeling yang lengkap atau menggunakan alas kaki kalau ingin ke pulau sebelah dari pada kena bulu babi yang konon katanya kalau terinjak bisa bikin demam.

Kolam Hiu @Wisma Apung, Karimunjawa

karena wisma ini berada diatas laut jadi fasilitas yang disediakan juga sederhana jadi harap maklum ya traveler, kami memesan kamar yang ada AC-nya tempat tidur cukup untuk bertiga, kamar mandi lumayan tertutup hanya saja was-was dengan celah-celah pada dinding kayunya, dan satu lagi jangan kaget kalau pembuangan langsung ke laut! :D kami sarankan karena tempat sampah disini terbatas traveler menyediakan tas plastik untuk mengumpulkan sampah supaya tidak tercecer kemana-mana sayang kan tempat yang keren kalau harus banyak sampahnya :) pada saat kami stay disini banyak tamu dari china, sayangnya mereka nggak jaga kebersihan di area wisma jadinya sampah dimana-mana :( udah pengen ngomel-ngomel aja tapi bingung ngomongnya :D

Kamar AC @ Wisma Apung
Toilet wisma apung :D
Hari sudah semakin sore, sesuai dengan tekad kami kemarin untuk makan seafood *keukeuh* malam ini kami memutuskan untuk makan malam di darat dan akan datang ke alun-alun lebih cepat *takut keabisan seafood lagi* hehehehehe...dan senangnya begitu sampai alun-alun masih ada ikan bakar yang bisa kami order, lobster dan cumi-nya seperti biasa sold out! fyi, untuk memesan seafood disini sebaiknya ditunggu dari mulai memilih ikan, membersihkan ikan, membakar sampai dengan disajikan, secara rebutan banget bo! ada kejadian pesanan tamu wisma apung diambil orang lain alhasil harus pilih ikan lagi dan nunggu lebih lama lagi itupun kalau ikannya masih ada kalau abis, makan sate kerang dan sate cumi lagi deh hihihihihi *lap keringet*.

Macam-macam ikan yang tersedia ada Ikan kakap, ikan panti, ikan krapu dan ikan hijau a.k.a ikan burung kakak tua. Jadilah kami memesan ikan panti dan ikan hijau harga ikan panti ukuran sedang Rp50ribu dan Ikan hijau ukuran kecil Rp15ribu rasa ikan dan sambalnya mancapppp....mari makaaaaannnn sambil menikmati lagi pesta kembang api nyam..nyam...nyammm :)

Ngantri ikan bakar@Alun-alun Karimunjawa
Ikan Panti & Ikan Hijau, mari makaaaannnn.....!

Jam 21.00 kami dijemput untuk kembali ke Wisma Apung untuk beristirahat.

#DAY 5

Hari ini, hari terakhir kami di karimunjawa *huhuhuhuhu* masih pengen disini :D jadwal keberangkatan kami dari karimunjawa ke jepara pukul 14.00.  Di wisma ini menurut kami harga yang harus kami bayar sesuai dengan apa yang kami dapatkan jadi no regretlah ya...sarapannya juga enak, hari ini kami hanya bersantai saja di Wisma, kasih makan ikan di depan kamar dan foto-foto sambil lihat traveler yang lain main banana dan donut boat, menurut info dari pegawai Wisma Apung, untuk bisa main banana dan donut boat ini traveler dikenakan tarif Rp 60ribu/15menit, tampak menyenangkan ya next time kalau kesini lagi kami harus coba banana dan donut boatnya.

Banana boat @Karimunjawa
Donut boat @Karimunjawa
Jam sudah menunjukkan pukul. 12.30, kami sudah siap-siap untuk menuju darat. Sebelum kami ke dermaga kami makan siang dulu di bu esther, hari terakhir di karimunjawa baru nemu cumi goreng disini dan cuminya besar-besar lagi, kalap deh makan ciuminyaaa :D Pukul 14.00 kami masuk Kapal Express Bahari dan berangkat on schedule.....good bye Karimunjawa, we love u so much!!!, alhamdulillah perjalanan pulang ombaknya sangat bersahabat traveler...jadi amannnnn! sampai di Jepara pukul. 15.30 dan langsung menuju Semarang. Home Sweet Home.

Happy Travelling!

Pulau yang dikunjungi :
West Side : Cemara Besar Island, Cemara Kecil Island, Menjangan Besar Island, Menjangan Kecil Island, Geleang Island & Ujung Gelam Beach
East Side : Tengah Island, Cilik Island (Pulau Kecil), Gosong Island, Sruni Island & Sambangan Island

Jadwal Keberangkatan Kapal Laut Menuju Karimunjawa via Semarang & Jepara :
By KMC Kartini I ( Semarang-Karimunjawa-Semarang)
Semarang - Karimunjawa         Saturday      09.00-13.00
                                                Monday       08.00-12.00

Karimunjawa - Semarang         Sunday         14.00-18.00
                                                Wednesday  13.00-17.00

By KMP Muria (Jepara-Karimunjawa-Jepara)
Jepara - Karimunjawa              Monday/Wednesday/Saturday       09.00-15.00
Karimunjawa - Jepara              Tuesday/Thursday/Sunday             08.00-14.00

By Express Cantika/Express Bahari (Jepara-Karimunjawa-Jepara)
Jepara-Karimunjawa                 Monday      10.30-12.00
                                                 Tuesday      10.00-11.30
                                                 Friday         14.00-15.30
                                                 Saturday     10.30-12.00
Karimunjawa-Jepara                 Monday      13.00-14.30
                                                 Wednesday 10.00-11.30
                                                 Saturday      08.00-09.30
                                                 Sunday        14.00-15.30

Daftar telepon yang mungkin traveler perlukan:
Reservasi tiket Express Cantika/Express Bahari Jepara (+62291) 598488/592999

New Ocean Hotel Ph. 08122882342,08122848433
Wisma Wisata (+62297)312118
Kura-Kura Resort (Office Semarang) Ph. (+6224)76632510
Nirwana Beach Resort  Ph. (+6224)91315015 /(+6224)6592854 or mobile +6281226959699
Sewa Sepeda Riyono Ph. 081326612715

1. Informasi yang bagus yang bisa menjadi rekomendasi saya, senang bisa menemukan banyak informasi cukup lengkap dari satu tulisan, terima kasih. Satu hal yang ingin saya tahu lebih jelas, apakah fasilitas penitipan kendaraan pribadi di dermaga Kartini dikelola dengan baik dan bagus, apakah tempat yang disediakan untuk parkir kendaraan aman dan nyaman? Kami berencana pergi dengan rombongan menggunakan kendaraan pribadi, di mana kami menitipkan kendaraan menjadi pertayaan terbesar sebagian dari teman-teman.

1. Senang informasinya bisa bermanfaat, oiya fasilitas penitipan kendaraan pribadi di dermaga kartini cukup baik dan dapat menampung kendaraan pribadi dgn jumlah yg banyak, selama hampir sepekan parkir disana kendaraan kami Alhamdulillah aman (kami membayar 75rb rupiah utk biaya parkirnya) dan mmg byk jg pengunjung yg menitipkan kendaraan pribadinya, jd tdk perlu khawatir. Selamat berlibur ke Karimunjawa yaa! 😉