Thursday, October 8, 2015

Cara Mencairkan Jamsostek aka Jaminan Hari Tua (JHT) di Semarang

Ini bukan sharing jalan-jalan buang uang tapi jalan-jalan dapet uang loh! lah kok bisaaa? yaiyalah judulnya aja cairin JHT kok! yaaa mesti dapet uang dong yes! ^____^ Saya resign dari perusahaan tempat saya bekerja bulan Desember tahun 2010, waktu resign saya tidak memegang kartu jamsosteknya, karena masih di bagian HRD (belum dibagikan waktu itu). Kemudian tahun lalu sekitar awal 2014 saya minta tolong teman di kantor untuk mencarikan Kartu Jamsostek saya di HRD, dan Alhamdulillah ternyata masih ada disana! Kemudian saya minta tolong teman saya untuk mengirimkannya ke Semarang. Thank you so much Pak Yasin untuk bantuannya! hehehe....

Setelah menerima kartu jamsostek, ternyata tercatat di kartu, saya terdaftar sebagai peserta Jamsostek dari tahun 2009 padahal di tahun sebelumnya saya juga sudah menjadi peserta, tapi karena pindah tugas ke kantor pusat akhirnya kartunya diperbaharui, entahlah gak mau banyak mikir akhirnya hal itu saya abaikan. Kartu sudah ada di tangan, tapi saya tidak juga segera mencairkannya karena saya pikir paling saldonya sedikit berhubung saya terdaftar sebagai peserta hanya 1 tahun saja dan setelah itu resign, malu-maluin juga dicairin kalau ternyata saldonya hanya beberapa ratus ribu rupiah saja. Saya juga tidak mencari info berapa saldo yang ada di Kartu Jamsosteknya ini alasannya antara males cari tau, sama malu jadi satu wkwkwkwk!, jadi waktu itu kartunya saya masukkan saja ke dalam dompet. Saya pikir mungkin di kemudian hari saya akan membutuhkan Kartu Jamsosteknya (kalau diijinkan) untuk kerja lagi.

Selang setahun lebih tepatnya minggu lalu, tetiba kepikiran tu Kartu Jamsostek apa kabarnya yakk?!? Sempet ngobrol juga sama hubby, dia bilang coba aja telpon ke kantor jamsosteknya bisa gak tanya saldonya ada berapa? saya ikutinlan sarannya Hubby dengan telpon ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan, tapi ternyata nggak bisa, peserta Jamsostek harus datang langsung dengan membawa identitas diri untuk mengetahui info saldonya, sedikit kecewa sih tapi akhirnya sekalian saya tanya juga dokumen apa saja yang harus dibawa ketika akan klaim JHT-nya, Si Mbaknya menjelaskan dokumen apa saja yang harus dibawa hanya sayang tidak terlalu detail >,< Nah disini saya akan berbagi pengalaman cara klaim JHT di kota Semarang buat teman-temin yang juga berencana untuk mencairkannya.

Pagi itu saya bergegas ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang I di Jl. Pemuda, lokasinya dekat dengan Paragon City Mall. Ketika saya lihat jam, masih pukul 07.30 waktu itu, tapi kok sudah banyak orang berkumpul di halaman depan kantornya, saya pikir ada apa nih? apa ada demo yakk!? ehhh ternyata orang-orang yang berkerumun itu mau cairin JHT juga bo! ^___^

Ruangan Penuh! yang antri banyak yang nggak kebagian tempat duduk di belakang

Sebelum pintu masuk kantor BPJS Ketenagakerjaan ada beberapa meja yang disediakan untuk mengambil 2 formulir yang harus diisi oleh peserta yang akan mengklaim JHT-nya. berikut apa saja dokumen yang harus dibawa dan diisi pada saat akan klaim JHT :

1. Surat Pernyataan Belum Pernah Menerima Pembayaran Jaminan Hari Tua, surat pernyataan ini harus dibubuhi materai (formulir tersedia dan diisi disana) 

2. Formulir Pengajuan Pembayaran Jaminan Hari Tua (Formulir tersedia dan diisi disana)


3. Kartu Jamsostek Asli 
4. KTP Asli dan Fotokopi 1 lembar
5. Kartu Keluarga Asli dan Fotokopi 1 lembar
6. Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan Asli dan fotokopi 1 lembar
7. Buku Rekening Bank dan Fotokopi 1 lembar halaman depan
8. 1lembar Materai (untuk yang belum punya rekening bank, jika menginginkan dananya di transfer melalui bank, bisa langsung membuat rekening baru di Bank Mandiri yang tersedia disana maka harus membawa 2 lembar materai). Kalau sampai lupa atau memang nggak tau harus pakai materai seperti saya, jangan khawatir ada yang jual materai disana dengan harga Rp 7ribu (tapi lebih baik bawa sendiri just in case gak nemu yang jual) hiihihi...
Dan yang penting lagiiiiiii...
9. Bawa Ballpoint sendiri!!! please, jangan nyusahin orang untuk pinjem, ini perlu karena tidak disediakan disana. Kadang kita juga masih perlu untuk mengisi data diri sementara ballpointnya sudah berpindah tangan, hal ini kadang mengganggu!

Setelah dokumen lengkap, bagi jadi dua dokumen yang asli dan dokumen yang fotokopian beri klip keduanya supaya nggak berantakan lalu masukkan ke dalam softmap (Dokumen Asli harus dibawa semua, surat pernyataan belum pernah menerima pembayaran JHT dan Formulir pengajuan pembayaran JHT dijadikan satu dengan dokumen fotokopian) karena dokumen yang asli akan dikembalikan lagi ke kita kecuali Kartu jamsosteknya.

Kalau datangnya pagi, semua dokumen yang sudah lengkap bisa dititipkan satpam di depan pintu masuk, lalu kita bisa masuk ke ruang tunggu dan duduk manis disana, siapa cepat dia dapet tempat duduk! hihihi...kalau satpam sudah nggak bisa dititipkan dokumen lagi, langsung masuk saja ke dalam, kemudian masukkan dokumen teman-temin ke dalam DROP BOX, letaknya setelah counter Pelayanan Informasi.

Counter Drop Box letaknya setelah Counter Pelayanan Informasi
Jadi kalau nggak mau nunggu lama usahakan datang sepagi mungkin supaya berkasnya cepat diproses. saya datang jam 07.30 mendapat panggilan untuk Pemeriksaan Dokumen pukul 09.30 dan untuk panggilan proses pencairan dana pukul 11.30 lumayan lambreta eym! Sambil kasiin dokumen ke Mbak CS, kita juga bisa tanya saldonya ada berapa, bgitu dikasih tau hati langsung berbunga2 hahahah! *lebay* kemudian saya tanya cairnya berapa lama? Mbaknya bilang kalau dananya cair 7hari kerja, tapi ternyata 2 hari setelah klaim, dananya sudah cair kok! Jadiii intinyaaa...lama menunggu antrian setimpal dengan berapa yang saya dapatkan lumayan sebagian bisa dipake shopping sebagian bisa ditabung...pulang dari sini bisa shopping cyn! Yeayyyyy! behahahhahh ^____^

meskipun datang pagi saya dapat antrian ke-98 loh hihihi...


Nah...karena Kartu Jamsostek itu penting, maka dari itu kartunya jangan sampai hilang ya, jika sudah dibuatkan oleh perusahaan, diminta saja kartunya apalagi kalau kita ada rencana untuk resign. Untuk yang mau klaim JHT dan ingin mengurusnya, jangan ragu-ragu lagi nggak sulit kok! cuma harus sabar ngantri aja pas proses klaimnya dan pastikan semua dokumen persyaratannya sudah lengkap :)

Buat yang ingin mencairkan dana Jamsostek / Jaminan Hari Tua di Semarang, bisa diurus di kantor BPJS Ketenagakerjaan di bawah ini yahhh:

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang I 
Alamat : Jl. Pemuda 130 Semarang 50132, Po Box 1062
No. Tlp. (024) 3520279, 3588880, 3588877
No. Fax. (024) 553712, 3585530

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang II
Alamat : Jl. Soekarno Hatta No. 78A, Semarang
No. Tlp. (024) 76747997, 76746681
No. Fax. (024) 76746682, 76746683










2 comments:

  1. Hello, i am glad to read the whole content of this blog and am very excited and happy to say that
    the webmaster has done a very good job here to put all the information content and information at one place

    Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    Dr Rochelle Skin Expert
    cream pemutih wajah
    produk kecantikan wajah
    kosmetik wajah
    pemutih wajah
    anak perempuan cantik

    ReplyDelete